Jumat, 12 Juni 2015

Curug Seribu, Gunung Bunder

Hai guys mau cerita sedikit nih tentang pengalaman dan perjalan kali ini ke curug sewu. Kita mulai dari awal ya.. Jadi gue dan temen2 mau ada rencana buat main gitu buat mengisi weekend. Awalnya gue dan temen2 ngerencanain buat ke Gunung batu jonggol. Tapi karna katanya ditutup waktu itu disebabkan ada yang jatoh pas mau turun dan meninggal, jadi yaudah deh kita nyari2 tempat lagi buat liburan. Ada salah satu temen ngajak ke gunung bunder. Yaudah deh tuh kita fix jadi. Ohiya kita berangkat tanggal 14 mei 2015. Kita kesana naek motor touring lah yaa :v. kita janjian di salah satu rumah temen kita. Janji awal sih jam 6 udah disana dan jam 7 kita udah otw. Ngaret ngaret banget kita berangkat jam 10 gaes dari depokkkk.. coba bayangkan sengaret apa teman teman ku inii.- okeh kita berangkat deh tuh ya jam 10 itu belum ada sperempat jalan kita udah kepisah ama rombongn.- karna dia nyantai banget bawa motornya. Kita lewat auri lurus terus taulah yang orang depok mah:v baru ngelewatin 1 lampu merah temen kita udah ada yng ketilang.- tau gak karna apa? Karna dia gak pake jakettt.- kan pinter banget ya mau pergi jauh nggk pake jaket.- alhasil dia ngambil jalur damai. Kalian tau berapa polisi itu minta uang? 50k. jhakk;v tapi ya tau lah anak jaman sekarang banyak alasan dia bilang nggk bawa uang cuman bawa 20k. jadi yaudah seadanya dia kasih. Kocak juga ya polisinya:v. oke kita lanjut deh tuh yaa,, bawa motor ya nggk terlalu cepet juga ya 40 50km/jam lah kira kira soalnya takut ketinggalan lagii. Masuk ke kawasan bogor.. lewat lampu merah lagi. Ada polisi. Temen kita ada yang ke tilang lagi !!.- dia ketauan belum punya sim, yaudah deh dia ikutin hukum aja. Dapet surat merah dia stnk di ambil! Yaudah lah ya mau gimna lagi. Yaudah tuh kita lanjut lagiii.. sampai ke kawasan gunung bunder masih di bawah sih kita istirahat dulu di Alfamart ya ngaso lah yaa:v beli minum beli makanan buat di atas ntar deh tuh. Kita kanjut lagi. Naek lagi ke atas. Sebelum nyampe di gerbang “bumi perkemahan gunung bunder” kita mampir dulu di rumahnya sodara temen. Kita nyampe disini pas banget adjan djuhur guys, Kita nyantai nyantai dulu disana ngelurusin pantat eh kakii:v ya sedikit bercerita sama temen2 yang lain. Jam 1 set 2an kita cus berangkat ke gunung bundernya pas, kita naekk teruss keatas masih pake motor ya guys, ngelewatin beberapa tempat wisatanya itu si guys yang pertama kita ngelwatin tempat yang biasa dipake kemahh naek lagi kita ngelewatin curug cihurang nggk terlalu gede curugnya, kita naek lagi naek lagi dan naek lagi sampai lah kita di gerbang “Selamat datang di Curug Seribu” oke di situ kita langsung parkir motor, kita jalan terus dan teruss jauuhh guys jauhh trek nya mantebb, licin, curam banget, nanjak banget, ekstrim deh pokonya. pas menuju kesana Alhamdulillah kita nggk ada kejadian yang nggk di inginkan cumen pada ngos2san dan keausan:v. Jam 4 sore kita nyampe di Curug Seribu pas guysss,, gilehh kerennn keren kereennn… tau nggk pas nyampe disana tuh langsung panas banget mataharinya menampakkan diri. Dan kalian tau apa yang terjadi. Ada pelangi di pas air terjunnya guys kerennnn.. baru pertama gua ngeliat disini. Kita di tempat ini duduk duduk foto foto ya pokonya mengabadikan dehh.. yang cowonya pada berenang tapi yang cewenya nggk ada yang berenang karna pada kecapean :v. berhubung udah sore dan nyampe atas takut keburu gelap dan ujan kita nggk lama disini cuman setengah jam guys sedih sihh karna nggk puas nikmatinnnya, tapi ya emng ini resikonya kalo kita berangkat kesiangan.- okelah tak apa akhirnya kita bergegas buat nanjak ke atas. Belum seperempat perjalanan, oh tidakk hujan gedee guys deress bangett. Alhamdulillahnya kita udah sampe poss 10-20 menit kita nunggu ujan reda tapi nggk reda reda kita mutusin buat lanjut aja naik ke atas karna ya takut keburu gelap. BAHAYA GUYS!! Di tengah perjalan temen ada yang bener2 kecapean ya karna dia punya penyakit jantungg, dia naek dengan perlahan selangkah dua langkah berhenti terus begitu.. terus jalan terus jalann. BAHAYA LAGI!! Temen kita ada yang ke surupann guyssss :’( tau nggk sih itu paniknya minta ampunn itu kejadian jam 5 set 6 man lahh udah sore banget kan :’( btw emng dia itu udah sering ke masukkan yg begitu:’( kita di tolongin deh tuh sama pemandunya, di urut2 di baca bacain. Eh dia malah teriak kesakitan gitu. Mlotot2 duhh serem pokonyaa.. ada kayanya 1 jam dia kaya gitu alhamdulillahnya dia pulihh udah bisa di ajak ngomong tapi kadang suka bengong lagi. Nyampe kita di warung nggk jauh dari tempat parkir tadi. Kita ngopi2 nge mie ngangetin badan lah. Soalnya basah kuyup guys.- baju ganti pun basahh semua.- alhasil pulang pada kuyup2pan hari udah gelap tuh guys kita buru2 buat ke parkiran kita cusss ke rumah yang tadi istirahat sebentar lagi jam 7 an lah kita otw pulang dari bogor. Perjalanan pulang Alhamdulillah bebas dari polisi gaes:v tapi nggk bebas dari ranjau:v ban pada bocorrrr:v Alhamdulillah jam 11 sam kita udah nyampe di rumah masing masing. Hmmmm.. Seru guys aslii ini pengalam pertama gueee.. BTW gue pergi bareng anak2 Graduate 32 kaka kelas kita sama temennya temen. Oh iya graduate 32 itu temen temen seangkatan gua waktu di mts dulu. Gokill lahhh tak terlupakan pokonyaa… Trimakasih Banyak guys buat Adventure itu. Jangan kapok tetep jaga kesoliddannya jaga silaturahhim. Kapan kapan kita Adventure lagi ya. Dan kapan kapan pasti gua ceritain lagi di blog gua ini. THANKS guys buat perhatiannya. Salam Petualangg:v

Jumat, 06 Desember 2013

Rangkuman Sejarah Kerajaan Ternate dan Tidore

di maluku terdapat du kerajaan yang berpengaruh, yakni ternate dan tidore kerajaan ternate terdiri dari persekutuan lima daerah, yaitu ternate, obi, bacan, seram, ambon, (disebut uli lima) sebgai pipmpinan ternate adapun tidore terdiri dari sembilan satuan negara yang disebut uli siwa yang terdiri dari, makyan, jailolo, dan daerah antara halmahera-irian kedatangan islam ke maluku tidak dapat dipisahkan dari jalur perdagangan antara pusat lalu lintas internasional di malaka, jawa, dan maluku. menurut tradisi setempat, islam seudah masuk ke daerah maluku sejak abad ke-14, Raja Ternate kedua belas,Molomateya (1350-1357) bersahabat karib dengan orang Arab yang memberi petunjuk mengenai cara membuat kapal. Raja yang benar-benar memeluk Islam adalah Zainal Abidin (1486-1500). Ia mendapat ajaran Islam dari Sunan Giri Kekuasaan Ternate dan Tidore mencakup pulau-pulau yang ada di sekitarnya, penghasilan utamanya adalah cengkih, pala, rempah-rempah, dan ramuan obat-obatan yang sangat diperlukan oleh masyarakat Eropa. Ketika bangsa Portugis datang ke Ternate, mereka bersekutu dengan bangsa itu (1512) Portugis akhirnya dapat mendirikan benteng Sao Paulo di Ternate dan banyak melakukan monopoli perdagangan Tindakan ini menimbulkan perlawanan yang dipimpin oleh Sultan Hairun (1550-1570). Tindakan Musquita menangkap Sultan Hairun dilepas setelah kembali, tetapi kemudian dibunuh setelah paginya disuruh berkunjung ke benteng Portugis. Sultan Baabullah memimpin perlawanan utk mengenyahkn portugis dri maluku sbagai balasn terhadp kematian ayahnya. Benteng Portugis dikepung selama 5 tahun, tetapi tidak berhasil benteng Portugis dapat dikuasai setelah Portugis menyerah karena dikepung dan kekurangan makanan, yang di bantu oleh sultan tidore,tokoh dari Tidore yang anti portugis adalah Sultan Nuku Pada tanggal 17 Juli 1780, Pata Alam dinobatkan sebagai vasal dari VOC dengan kewajiban menjaga keamanan di wilayahnya, yaitu Maba, Weda, Patani, Missol, Waiguna, Waigen, negeri-negeri di daratan Irian dan sebagainya Di sisi lain, Nuku terus mengadakan perlawanan terhadap Belanda di Ternate dan Tidore Pada tahun 1783, pata alam menjalankan strategi untuk meraih loyalitas raja raja Irian tetapi, usaha tersebut menemui kegagalan, karena para utusan dengan pasukan mereka berbalik memihak Nuku akhirnya peta alam di tuduh olh kompeni, peta alam di tangkap dan rakyat pendukung di hukum peristiwa ini sering disebut Revolusi Tidore Untuk mengatur kembali Tidore, pada tanggal 18 Oktober 1783 VOC mengangkat Kamaludin untuk menduduki takhta Tidore sebagai vasal Pada tahun 1794, gerakan tersebut mendapat dukungan dari Inggris. Sekembalinya dari Sailan, Pangeran Jamaludin beserta angkatannya menggabungkan diri dengan Nuku Pada tanggal 12 April 1797 angkatan laut Nuku muncul di tidore, hampir seluruh pembesar Tidore menyerah kecuali Sultan Kamaludin berserta pengawalnya. Mereka menyerahkan diri ke Ternate Tidore diduduki oleh Nuku hingga meninggal tanggal 14 November 1805 dan digantikan oleh Zaenal Abidin. ( Created By @nina_purnama01 )

Rangkuman Sejarah Kerajaan Gowa Tallo

pada awalnya, kerajaan gowa tallo yang lebih dikenal sebagai kerajaan makasar, terdiri dari beberapa kerajaan, yang bercorak hindu, antara lain, gowa, tallo, wajo, bone, soppeng, dan luwu dengan adanya dakwah dari Dato'ri Bandang dan Dato' Sulaiman, Sultan alaudin (raja gowa tallo) masuk islam setelah raja memeluk islam, rakyat pun ikut memeluk islam kerajaan gowa tallo kemudian menjadi satu dan lebih dikenal dengan nama kerajaan mataram dengan pemerintahannya yang terkenal adalh sultan hasanuddin (1653-1669) ia berhasil memperluas kerajaan mataram sampai ke matos, bulukamba, mondar, sulawesi utara, sumbawa, dan lombok hasanuddin juga berhasil mengembangkan pelabuhannya dan menjadi bandar transito di indonesia bagian timur hasanuddin mendapat julukan ayam jantan dari timur. karena keberanian dan semangat juangnya makassar menjadi kerajaan besar dan berpengaruh terhadap kerajaan sekitarnya perkembangan makassar menyebabkan VOC merasa tersaingi makassar tidak tunduk kepada VOC, bahkan makassar membantu rakyat maluku melawan VOC, VOC menyerang makassar dngn membantu aru palaka yang telah bermusuhan dengan makassar akibatnya, benteng berombong dan ibu kota sombaoupu jatuh ke tanga musuh, hasanuddin ditangkap dan dipaksa menandatangani perjanjian bongaya (1667) akibat kekalahannya, peranan makassar sebagai penguasa pelayaran dan perdagangan berakhir. sebaliknya, VOC memperoleh tempat yang setrategis di indonesia bagian timur selanjutnya, untuk memperlemah makassar, benteng sombaopu di hancurkan oleh speelman dan benteng ujung pandang dikiasai VOC diganti nama menjadi benteng Ford Roterdam Dalam bidang kebudayaan, Makassar sebagai kerajaan yang bersifat maritim sedikit meninggalkan hasil-hasil budaya peninggalan budaya makassar yang menonjol adalah perahu pinisi, lombo, dan bercadik dalam bidang sastra, diperkirakan sudah lahir beberapa karya sastra.hanya saja,karya tsbtt tidak sampai ke kita pada saat itu sudah ada sebuah buku tentang hukum laut dan perniagaan, yaitu Ade' Allopiloping Bicaranna Pabbalu'e dan naskah lontar karya Amanna Gappa. Di Sulawesi, ditemukan buku kronik, antara lain Lontara (himpunan cerita yang memuat silsilah raja-raja Gowa, Bone, Wajo, Luwu, dan sebagainya), Sanggala (himpunan cerita yang memuat silsilah raja-raja Toraja), dan I La Galigo (himpunan cerita yang memuat silsilah raja-raja Bugis). Setelah raja-raja Makassar masuk Islam, mereka bergelar sultan. dalam menjalankan pemerintahannya, raja dibantu oleh suatu dewan yang disebut Kasuwiyang Salapanga kemudian diubah menjadi Bate Salapanga (bendera sembilan). sebagai pembantu raja yang menjalankan undang undang pemerintahan majelis diawasi oleh seorang pemimpin yang disebut Paccalaya (hakim) Setelah raja, jabatan tertinggi di bawahnya adalah Pabbicarabutta yang dibantu oleh Tumailalang Matowa dan Tumailalang Malolo adapun Tumailalang Malolo adalah pegawai tinggi urusan istana panglima yang memimpin tentara dalam perang disebut Anrong Guru Lompona Tumakjannangang ada lagi jabatan yang disebut Opu Bali Ranten, yaitu bendahara kerajaan Bidang agama diurus oleh seorang kadhi yang dibantu oleh imam, khatib, dan bilal. ( Created By @nina_purnama01 )

Rangkuman Sejarah Kerajaan Mataram

kerajaan mataram mulai berdiri thn 1528, terletak di kota gede sebelah tenggara kota yogyakarta yang dipimpin suatu dinasti keturunan ki ageng sela dan ki ageng pemanahan yg mengklaim msh keturunan majapahit kerajaan ini berasal dari sebuar kadipaten dibawah kesultanan pajang (sultan hadiwijaya) berpusat di bumi mentoak yg diberikan kepada ki ageng pemanahan sebagai hadiah atas jasanya mengalahkan arya penangsang tahun 1575 ki ageng meninggal dunia digantikan oleh putranya sultawijaya atau pangeran ngabehi loring pasar dia bercita2 utk membebaskn diri dari kekuasaan pajang sehingga hubungan antara mataram dan pajang pun mulai memburuk hingga berujung peperangan dlm peperangan ini kerajaan pajang mengalami kekalahan dan sultan hadiwijaya menunggal kemudian sutawijaya mengankat dirinya menjadi raja mataram dengan galar penambahan senopati kerajaan mataram saat itu mrnganyut system dewa-raja sultan wijaya meninggal & dimakamkan di kota gede, digantikan putranya bernama mas jolang yang bergelar prabu hanyokrowati masa ini tidak mengalami banyak kemajuan karena, beliau meninggal karena kecelakaan saat bebruru dihutan krapyank. dan kemudian digantikan oleh putra keempat yg bergelar adipati martoputro akan tetapi karena adipato menderita penyakit syaraf maka tahta beralih ke putra sulung mas jolang yang bernama raden mas rangsang pda masa ini mataram mengalami kemajuan dan mengalami masa keemasan sehabis dari Makkah beliau menyandang gelar “sultan agung senopati ing alaga abdurrahman setelah ia meninggal digantikan putranya yaitu suna amangkurat beliau memindahkn lokasi keraton ke pleret pda tahun 1647 pada masa ini mataram kurang stabil, karena banya ketidak puasan dan pemberontakan pda masanya trjadi pemberontakn besar yg dipimpin olh seorang bangsawan dri Madura bernama Trunajaya, dan berhasil mengalahkan mataram Amangkurat 1 melarikan diri dan meningga dalam pelarianya yaitu di Tegalarum (1677) sehingga mendapat julukan sunan tegalarum,kemudian diganti oleh putranya amangkurat II beliau bergabung dengan VOC untuk mengalahkan pasukan Trunajaya dan akhirnya berhasil Dlm masa ini amangkurat II sangat patuh kpda VOC sehingga menimbulkn ketidak puasan dikalangan istana thn 1590 kerajaan mataram menaklukan Madiun,Jipang,Kediri kemudian melanjutkn dgn menaklukan pasuruan & tuban pda masa ini keraton mataram dipindahkan ke kartasura (1680) setelah amangkurat II menunggal digantikan amangkurat III tetapi VOC tidak senang karena dia menentang VOC sehingga VOC mengangat pakubuwana I sebagai raja amangkurat III akhirnya memberontak tapi akhirnya kalah di tangkap batavia lalu diasingkan di ceylon, srilanka. dan meninggal tahun 1734 kekacauan politi, akhirnya dapat terselesaikan pada masa Pakubuana III setelah kerajaan mataram terbagi 2 yaitu kesultana ngayogyakarta dan kesultanan suarakarta (1755) perjanjian ini tertuang dalam perjanjian Gayanti gayanti adalah kesepakatan yang dibuat dari pihak VOC, mataram, dan kelompok pangeran mangkubumi. ( Created By @nina_purnama01 )

Rangkuman Sejarah Kerajaan Banten

kesultanan banten berawal ketika kesultanan demak memperluas pengaruhnya ke daerah barat, pada tahun 1524/1525, sunan gunung jati brsama pasukan demak merebut pelabuna banten dari kerajaan sunda dan mendirikan kerajaan banten yang berafiliasi ke demak, anak dari sunan gunung jati menikah dengan seorng putri dari sultan trenggono dan melahirkan 2 anak anak yg pertama bernma maulana yusuf & yang ke 2 menikh dgn anak dari ratu kali nyamat & menjadi penguasa jepara, terjadi perebutan kekuasaan setelah maulana yusuf wafat (1570) jepara mersa brkuasa dri pd anak maulana yusuf yg brnma maulana muhammad,karna maulana muhammad masih trlalu muda akhirnya jepara menyerang kerajaan banten perang ini dimenangkan oleh kerajaan banten karena di bantu oleh para ulama kerajaan banten mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan abu abdulfatah saat itu pelabuhan banten tlh mjdi pelabuhan internasional sehingga perekonomiannya maju pesat piagam bojong menunjukan bahwa tahun 1500 hingga 1800 M lampung dikuasai oleh kesultanan banten, pada jaman pemerintahan sultan haji, tepatnya pda 12 maret 1682, wilayah lampung diserahkan kepada VOC ,seperti tertera dlm surat sutan haji kepada mayor issac de saint martin admiral kapal VOC di batavia yg sedng berlabuh di banten, surat itu kemudian di kuatkan dengan surat perjanjian tanggal 22 agustus 1682 yang membuat VOC memperoleh hak monopoli perdagangan lada di lampung kesultanan banten dihapuskan tahun 1813 oleh pemerintah kolonia inggris pada tahun itu, sultan muhammad syafiudin dilucuti dan dipaksa turun tahta oleh thomas stamford raffles tragedi ini mjadi klimaks dari penghancurn surasowan oleh gubernur jenderal belanda, daendels tahun 1808 sultan ageng tirtayasa (banten, 1631-1692) adl putra sultan abu al-ma'ali ahmad yg mjdi sultan periode 1640-1650 nama sultan ageng tirtayasa berasal ketika ia mendirikn kareton beru di dusun tirtayasa, sutan ageng berkuasa di kesultanan banten pada periode 1651-1628, ia memimpin bnyk perlawanan thdp belanda VOC menerapkan perjanjian monopoli perdagangn yg merugikan kesultanan banten saat itu sultan ageng ingin mewujudkan banten sebagai kerajaan islam terbesar tirtayasa berusaha meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan membuka sawah2 sebagai mufti kerajaan . ( Created By @nina_purnama01 )

Kamis, 28 November 2013

Rangkuman Sejarah Kerajaan Demak

kerajaan demak didirikan oleh raden patah atau yang dikenal dengan sebutan pangeran jimbun. ia adalh keturunan prabu kertabhumi brawijaya V (1468-1478). ia memerintah pada tahun 1500-1518 M,ia mulai membuka pesantren pada tahun 1475 M atas perintah sunan ampel berikutnya demak menjadi pusat perdagangan dan akhirnya menjadi kerajaan islam setelah meninggal posisisnya digantikan oleh anaknya yang bernama adipati unus dan pangeran sabrang lor (1518-1521M) pada tahun 1512-1513M adipati unus pernah menyerang portugis di malaka, tetapi gagal tidak banyak yang dilakukan adipati unus ketika menjabat sebagai raja, kecuali, mengatasi berbagai pemberontakan yang terjadi pada beberapa daerah taklukan keadaan ini terus berlangsung hingga ia wafat pada tahun 1521 M setelah ia wafat posisinya digantikan oleh, sultan trenggono (1521-1546M) pada masa ini datanglah seorang mubalig yang bernama fatahilah dari samudra pasai ia menjadi guru di lingkungan istana dan juga sebagai sultan dan para tentara kemudian ia di kawinkan dengan adiknya sultan yang bernama nyai ratu pembayun ketika demak semakin maju, sultan berusaha untuk memperluas ke arah timur portugis pada tahun 1522 M telah memasuki wilayah sunda kelapa demak sangat khawatir ketika portugis mulai datang. untuk mengantisipasi kekuatan portugis agar tidak menyebar ke wilayah lain, maka pada tahun 1526 M,sultan menyiapkan tentaranya untuk menyerang banten dan sunda kelapa. angkatan darat dan angkatan laut yang di kirim oleh sultan dan dipimpin oleh fatahillah ketika di perjalanan, fatahillah singgah di cirebon untuk bertemu sunan gunung jati ( syarif hidayatullah) sebelum menyerang sunda kelapa, fatahillah terlebih dahulu menyerang banten pelabuhan banten dapat ditaklukan pada tahun 1526 M penyerangan sunda kelapa baru dilakukan setahun kemudian meskipun mendapat perlawanan di daratan, kekuatan pajajaran dapat dikalahkan pasukan fransisco de sa melarikan diri ke malaka dan akhirnya sunda kelapa dan banten menjadi bagian dari kerajaan islam demak. sunda kelapa ditaklukan pada tanggal 22 juni 1527 M usaha perluasan wilayah ketimur dilakukan oleh sultan pada tahun 1546 M dalam serangan ke jawa timur sultan gugur. sepeninggal sultan, posisinya digantikan oleh putranya bernama sultan prawoto yang hanya memerintah 1 tahun karena pada tahun 1546 M, ia terbunuh. pada masa pemerintahan sultan trenggono, penyebaran islam memperoleh perhatian besar. ( Created By @nina_purnama01 )

Rangkuman Sejarah Kerajaan Aceh Darussalam

Kesultanan aceh didirikan oleh sultan ali mughayat syah pada tahun 1496 pada awalnya kerajaan ini berdiri atas wilayah kerajaan lemuri kemudian menundukan dan menyatukan beberapa wilayah kerajaan sekitar kerajaan aceh berkembang sebagi kerajaan oslam dan mengalami kejayaan pada masa pemerintahan sultan iskandar muda secara geografis letak kerajaan aceh sangat strategis yaitu di pulau sumatera bagian utara dan dekat dengan, jalur pelayaran perdagangan internasional pada masa itu, yaitu di sekitar selat malaka raja yang paling terkenal dari kerajaan aceh adalah sultan iskandar muda. sebab, kerajaan aceh mencapai keemasan karena dialah yang memimpin pemerintahan itu (1607-1636) sultan alaidin muhammad daud syah adl sultan terakhir dari kerajaan aceh (1884-1903M)beliau berjuang selama 29 tahun dan beliau tidak pernah menyerah kedaulatan negaranya kepada pihak belanda pada tahun 1903 beliau ditangkap oleh belanda dan diasingkan ke ambon maluku dan terakhir dipindahkan ke jawa. beliau mangkat di jakarta pada tahun 1939 wilayah kekuasaan kerajaan aceh meluas sampai ke semenanjung melayu sebab liskandar muda adl seorang raja yang, rapi dan pemeluk agama islam yang taat dan juga dengan kerja keras dan bijaksana maka islam terus disebarluaskan ia bercita2 mengusir portugis dari maltka, ia sering melakukan serangan, tetapi tetap aja gagal ia juga menerapkan hukum islam dengan tegas, beliau menghukum putranya sendiri yang terbukti bersalah pada masa iskandar muda disusunlah suatu undang2 tata pemerintahan undang2 itu disebut dengan adat mahkota alam, untuk menjaga pemerintahan aceh.mata pencaharian utama rakyat aceh adalah perdagangan mereka mendapatkan banyak penghidupan dari laut begitu juga dengan pertanian dan perkebunan. bagi rakyat aceh, beras digunakn hanya utk keperlun sendiri & lada dgunakn untuk dijual di pasaran internasional pada masa kemerdekaan indonesia,tak banyk yg bsa dilakukn rakyat aceh utk mengembalikan marwah & posisi mereka malah yg didapat adl kekecewaan yg pada gilirannya melahirkan pemberontakan yg banyak menyengsarakan masyarakat pemberontakan ini juga berakibat tereliminasinya kedudukan aceh dalam kursi elit republik kini tak ada lagi kebangsaan yang tersisa pmbrontkn aceh mrdeka yg kemudin dsusul olh bencna tsunami,aceh mnjdi salah 1 negeri termiskn d indonesia Peninggalan kerajaan Aceh, gambar benteng Indrapatra adalah Makam Raja Aceh benteng peninggalan kerajaan aceh iskandar muda saat melawan portugis adalh mesjid baiturrahman mesjid ini adalah peninggalan kerajaan aceh darussalam dan merupakan mesjid satu2nya yg terkenal di indonesia. ( Created By @nina_purnama01 )